Fungsi Keramik

kerAnda pernah bertanya – Tanya apa sih sebenarnya fungsi utama keramik? Atau anda ingin tahu apa saja yang bisa dihasilkan keramik? Selain sebagai ubin pengganti lantai konvesional yang dulu kita kenal, apakah masih ada fungsi lain dari keramik? Berikut kita bahas kapasitas keramik dalam hunian (rumah tinggal).

Sebagai Finishing Ruang

Orientasi fungsi keramik menjadi semakin jelas ketika kita membicarakan finising ruang. Dalam proses kerja kontruksi bangunan, tahap finising berhubungan dengan berbagai aktivitas memberi “sentuhan akhir”, seperti pemasangan kaca dan berbagai elemen dekoratif, misalnya pemasangan plafon gypsum, ukiran kayu untuk kolam (tiang/ pilar penyangga-Red), pengecetan dan pemasangan keramik.

Penutup lantai

Tampaknya fungsi keramik yang paling popular adalah sebagai penutup lantai. Beragam jenis, bentuk dan ukuran keramik untuk penutup lantai. Beragam jenis, bentuk, dan ukuran kramik untuk penutup lantai dapat anda temukan di pasaran. Jangan salah mengenali keramik yang digunakan untuk menutup lantai dengan yang digunakan sebagai penutup dinding. Perbedaan paling mencolok antara keduanya terletak pada bagian permukaannya. Coba raba dan perhatikan dengan seksama. Keramik yang umum dipakai sebagai penutup lantai memiliki permukaan yang sedikit lebih kasar dibandingkan keramik yang dipakai sebagai penutup dinding, perbedaan ini sebenarnya mengarah kepada perbedaan fungsi dan penempatannya. Sebagai penutup lantai keramik pasti menjadi bagian yang diinjak – injak, bukan? Permukaan keramik yang digunakan sebagai penutup lantai sengaja dibuat sedikit bertekstur dan terasa agak kasar agar orang yang menginjak/ melewatinya tidak terpeleset.

Penutup Dinding

Bosan dengan tampilan dinding yang hanya ditutupi cat? Ada alternative menarik lain yang bisa anda coba. Gunakan keramik sebagai pengganti wallpaper dan cat dinding untuk menutup dinding bangunan Anda!

Keuntungan menggunakan keramik sebagai bahan penutup dinding adalah kesan clean yang jelas terlihat dari tampilannya. Selain itu, jika Anda ingin menampilkan motif tertentu pada dinding, Anda bisa memilih keramik dengan warna atau motif tertentu. Anda tidak perlu mengecatnya lagi sehingga menghemat biaya. Jika dibandingkan pengaplikasian cat dan pemasangan wallpaper, penggunaan keramik memang memakan biaya yang lebih besar. Namun, rumah Anda akan tampak semakin segar dan lebih unik karenanya.

Pelapis Meja Kerja di Dapur

Keramik juga bisa dipakai sebagai pelapis meja kerja di dapur Anda. Tidak percaya? Coba buktikan sendiri. Anda pasti menyukai ide ini!

Alasan sebenarnya mengapa keramik digunakan sebagai pelapis meja kerja dapur membutuhkan bahan pelapis yang tahan menghadapi kegiatan memotong, mengiris, atau menumbuk bamboo. Kegiatan memasak yang identic dengan sisa kotoran berupa sampah padat (sisa kupasan kulit sayur, dan bumbu, sampah cair ( minyak goreng, lelehan mentega), serta sampah udara (bau amis yang dihasilkan ikan, ayam, atau daging)mensyaratkan bahan tanpa tempat yang seklaigus mudah dirawat (gampang dibersihkan dan tidak mudah menyerap bau). Berikut beberapa alternative penggunaan keramik sebagai pelapis meja kerja dapur:

  • KEramik digunakan hanya di permukaan atas bidang meja
  • Keramik digunakan pada sebagian permukaan atas bidang meja.
  • Keramik digunakan pada permukaan atas bidang meja serta sisi sampingnya

Sebagai Elemen Estetika

keramikDalam interior bangunan (rumah), unsur keramik dapat diaplikasikan ke dalam berbagai situasi. Yang pertama kali terlintas dalam benak Anda pastilah fungsi keramik untuk penutup lantai, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, keramik tidak hanya berfungsi sebagai penutup lantai. Makin banyak elemen dalm hunian yang dapat dihiasi dengan keramik. Keramik bisa difungsikan sebagai, antara lain, bahan penutup dinding dan bahan tempelan penghias elemen interior rumah, misalnya furniture, peralatan makan, sampai benda pajangan dalam rumah.

Tingkat fleksibelan keramik sebagai elemen estetika dalam rumah cukup tinggi. Bentuk dan ukurannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kreatifitas anda. Berikut beberapa factor yang harus dipenuhi jika Anda ingin mempercantik hunian dengan keramik.

  • Mula – mula, pilih dan sediakan space (ruang) yang ingin Anda hiasi keramik.
  • Ukurlah dengan cermat dan bersihkan permukaannya. Pastikan permukaan itu benar  benar kering.
  • Siapkan keramik yang akan dipakai. JIka ukurannya tidak sesuai dengan besaran keramik, potong hingga sesuai. Lakukan pemotongan dengan perlahan, jangan tergesa- gesa agar hasilnya rapid an tidak gumpi/pecah.
  • Buat pola yang jelas agar Anda tidak perlu mereka – reka posisi peletakan keramik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s