Kamar Sejuk Tanpa AC

Kala musim panas tiba, mau tidur saja seperti sulit karena gerah ? bagaimana mensiasatinya ? Coba terapkanlah beberapa ide di bawah ini ! cara jitu untuk mengurangi hawa panas di dalam ruangan tidur Anda tanpa menggunakan pendingin ruangan.

rumah dwitama arsindo

  • Ubah Cat Dinding Ruangan Tidur Anda
    Cuaca seringkali panas dan tidak bersahabat, untuk itu Anda patut memilih cat warna dinding kamar tidur dengan warna-warna yang mampu memunculkan kesejukan namun tidak membuat silau mata Anda. Warna yang paling cocok untuk kondisi ini adalah warna biru muda.

    Biru muda merupakan warna yang bisa membawa kesejukan untuk setiap yang melihatnya dan cenderung menenangkan pikiran karena warna ini identik dengan warna biru laut yang sejuk. Coba untuk mengkombinasikan warna putih dan juga biru muda pada kamar tidur Anda.

  • Pakai Lantai Kamar dari Kayu

    Parket Kayu - Interior - Dwitama Arsindo 1

    Kayu cenderung akan menyerap cuaca dingin malam dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Dampaknya Anda akan merasa lebih sejuk walaupun cuaca sedang dalam keadaan panas. Selain itu corak kayu juga mudah dipadu-padankan dengan corak warna dinding kamar tidur Anda.

    Saat ini material lantai kayu semakin diminati karena memiliki berbagai motif dan jenis. Bukan hanya memberikan efek sejuk saat cuaca sedang hangat, namun saat cuaca sedang dingin juga mampu memberikan efek kehangatan. 

  • Perbanyak Jendela Kaca
    Saat cuaca sedang panas, Anda mungkin dapat membuka beberapa kaca jendela di kamar tidur Anda. Dengan demikian, udara sejuk di luar mungkin akan berhembus masuk dan keluar dari kamar Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat ke arah luar karena bahan material jendela Anda terbuat dari kaca.
  • Beri Ventilasi Udara
    Sirkulasi masuk dan keluar udara sangat penting untuk menjaga kesejukkan kamar tidur Anda. Udara panas yang menyesakkan akan tetap berkumpul di kamar tidur Anda jika tidak ada ventilasi udara. Udara akan terus silih berganti masuk dan keluar. Anda pun akan diuntungkan dengan sirkulasi udara baru yang masuk dan keluar di kamar tidur Anda.
  • Jangan Tidur Menggunakan Lampu

    Tidur dalam keadaan gelap

    Efek cahaya lampu di malam hari ternyata dapat membawa hawa panas untuk kamar tidur Anda. Jika Anda memang takut tidur dalam gelap, Anda dapat menggunakan lampu tidur yang umumnya lebih kalem disbanding dengan lampu kamar yang benderang.

    Jangan lupa untuk mematikan lampu di kamar tidur Anda jika sedang tidak berada di ruangan. Selain untuk menghemat energi di rumah, Anda juga dapat sedikit menyejukkan kamar tidur Anda.

  • Seusai Beraktivitas Berat, Jangan Masuk ke Dalam Kamar
    Saat melakukan aktivitas yang berat seperti berolahraga ataupun aktivitas lainnya, jangan langsung masuk ke kamar. Nafas yang masih memburu membuat udara di kamar Anda akan cepat terisi oleh karbondioksida yang dapat membuat pengap. Usahakan untuk mendinginkan diri Anda dulu atau menstabilkan nafas terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kamar Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s