Cahaya Lampu Bisa Memengaruhi Emosi Jiwa ?

Sebaiknya kita tidak menganggap remeh pencahayaan di dalam rumah. Pasalnya, pencahayaan yang tepat bisa memengaruhi mood  (emosi) pemilik rumah dan nuansa di dalamnya.

Anda tentu tahu bahwa setidaknya ada tiga jenis lampu. Lampu di atas kepala (overhead lighting), lampu suasana (ambient lighting), dan lampu kerja (task lighting). Padukan ketiganya untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal di dalam rumah.

Dwisindo

Tidak hanya menentukan arah pencahayaan, kenali juga jenis-jenis lampu sebelum memutuskan pembelian. Di toko-toko perlengkapan rumah tangga, Anda bisa menemukan lampu neon, lampu pijar, LED, halogen, dan CFL. Masing-masing lampu ini memiliki pendar yang berbeda.

Ketiga, optimalisasi pencahayaan yang ada di atas kepala Anda. Anda bisa menggunakan lampu pijar atau CFL untuk menerangi kamar tidur. Meski tidak sehemat LED, lampu ini tidak terlalu terang dan cocok untuk beristirahat. Bila perlu, gunakan juga dimmer atau peredup lampu. Sementara, LED bisa Anda letakkan di dapur, kamar mandi, dan ruang-ruang lain yangtinggi “lalu-lintasnya”. Menggunakan lampu LED terbukti lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

Optimalisasi bukan berarti Anda hanya menggunakan lampu ini sebagai satu-satunya sumber pencahayaan. Sebagian besar rumah di Indonesia hanya menggunakan lampu jenis ini untuk masing-masing ruangan. Hal ini efektif, namun tidak membuat ruangan tampak lebih menarik.

Tambahkan lampu ambient untuk menemani pendar lembut dan melengkapi lampu di atas kepala Anda. Keberadaan lampu ini juga memungkinkan Anda mendapatkan cahaya yang lebih menenangkan. Anda hanya perlu mematikan lampu di atas kepala, dan membiarkan lampu ambient menyala.

Kemudian, buat ruangan lebih menarik lagi dengan menghiasnya menggunakan lampu kerja atau task lighting. Letakkan lampu ini di sisi tempat tidur dan meja kerja.

Nah, setelah kita mengetahui kebenarannya bahwa cahaya lampu memang dapat mempengaruhi suasana emosi jiwa, akan jauh lebih baik bila kita lebih cermat dalam mengatur pencahayaan di rumah. Semoga bermanfaat.

Sumber :Kompas.properti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s