TIPS : Rumah bersih, siapapun betah. Ayo berbenah !

wh_300511_09Mungkin kita orang – orang yang sibuk dengan segudang aktifitas di luar rumah, sedangkan kita punya rumah yang juga butuh perhatian kita, tidak hanya sebatas ditinggali dan dihuni tapi juga dijaga kebersihan dan keindahannya agar kita selalu betah di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat peristirahatan terbaik.  Jangan bingung bagaimana membagi waktu kita yang padat untuk sekedar membersihkan rumah, dan jangan berikan seribu alasan untuk malas bebenah. Ada cara jitu bagaimana membuat pekerjaan bersih – bersih rumah menjadi lebih menyenangkan dan sayang bila ditinggalkan. Ayo mulai bebenah, dengan membagi pekerjaan rumah menjadi beberapa tahapan waktu.

Tahapan pertama : Berbenah harian, dari hal yang sederhana akan membuat rumah tetap bersih, rapih dan indah. Biasakan membuka jendela – jendela rumah di waktu pagi hari, hal ini bertujuan untuk memperlancar sirklus udara dan mengurangi jumlah debu dalam rumah, bisa dilakukan setalah bangun tidur atau setalah mandi pagi,  kemudian tidak lupa merapikan kasur, seprai, bantal, guling kembali kebentuk semula sebelum ditiduri sambil ditepuk – tepuk dengan tangan ataupun sapu lidi khusus untuk membersihkan debu yang melekat dipermukaannya. Sebelum beraktifitas ke kantor ataupun ke kampus, kita bisa memanfaatkan waktu mengelap dengan menggunakan lap bersih yang telah dibasahi air ataupun laruatan pembersih untuk membersihkan beberapa perabotan rumah seperti meja makan, meja tamu, meja belajar atau dapur sekalian. Lalu lanjutkan bersih – bersih dengan menyapu lantai, kita bisa melakukannya paling tidak sehari sekali.

Tahapan kedua : Berbenah mingguan. Bersihkan kamar mandi maksimal seminggu sekali. Kamar mandi yang bersih dan wangi dapat membuat kita lebih nyaman beraktifitas di dalamnya, Untuk itu, bersihkan bak mandi, bathtub, lantai kamar mandi, wastafel, dan dudukan toilet serta kosongkan tempat sampah yang ada di dalam kamar mandi, kemudian seka gagang pintu atau pegangan kamar mandi agar terlihat lebih mengkilap ataupun bersih. Seminggu sekali waktunya mengganti handuk, seprai, sarung bantal dan guling lalu dicuci bersih. Membersihkan debu yang menempel di karpet, disela – sela sofa dengan alat bantu vacuum cleaner, kemudian mengepel lantai.

Tahapan kediga : Berbenah Bulanan. Bersihkan kaca jendela dan cermin agar kembali mengkilap dan bersih dari kotoran yang menempel. Seringkali ketika tugas harian kita menyapu kurang maksimal, maka waktunya membersihkan debu yang berada di sela – sela daerah seperti ujung dalam bawah lemari pakaiaan, backdrop TV, atau dibagian atas langit – langit rumah. Untuk bagian rumah atau prabot rumah tangga yang terbuat dari kayu atau stainless steel disarankan untuk membersihkannya dengan menggunakan pembersih sesuai jenisnya. Tahap akhirnya, jangan lupa mengganti keset yang ada di depan rumah dengan yang baru, untuk memberikan impresi berbeda pada tamu yang datang berkunjung.

wh_300511_19

Biar makin betah di rumah, jangan malas bersih – bersih rumah ya, Jangan tunggu sampai rumah berantakan. Cicil bersih-bersih setiap hari mulai dari yang paling mudah dan terlihat, tunggu apa lagi, ayo mari bebenah rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s